Trend Bisnis Online Bagi Pemula

Dengan semakin meningkatnya penggunaan internet sekarang ini, mendorong banyak berkembang bisnis -bisnis online. Dewasa ini bisnis online banyak diminati oleh banyak kalangan, karena bisnis online sangat fleksibel dari segi waktu dan juga tempat, selain itu juga modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online relatif lebih kecil. Saya katakan relatif lebih kecil bukan tanpa modal. Karena untuk menjalankan bisnis online minimal kita harus punya gadget,komputer atau laptop dan juga kita harus punya sambungan internet. Nah, itu itu kita kan juga harus punya modal uang untuk membeli gadget dan juga kuota internet.
Dengan menjalankan bisnis online kita bisa memanfaatkan waktu senggang kita untuk hal - hal yang lebih produktif.  Bisnis online bisa kita jadikan sebagai bisnis sampingan. Bahkan jika kita bisa lebih tekun,kerja keras  dan kreatif bisnis online ini bisa menjadi bisnis atau penghasilan utama kita. Pada dasarnya bisnis online di kategorikan menjadi 3 kategori yaitu advertising, affiliansi/makelar / broker dan juga online shop. Berikut ini beberapa bisnis online yang bisa dijlankan oleh para pemula.
 1. PTC ( Paid To Click )

Sesuai dengan namanya PTC, dalam bisnis ini kita dibayar berdasarkan jumlah iklan yang kita klik, Dalam bisnis PTC ini sangat mudah, cara kerjanya kita hanya disuruh untuk mengklik iklan yang telah disediakan oleh perusahaan - perusahaan PTC. Jadi setiap hari kita disediakan beberapa iklan yang harus kita klik setiap harinya. Bayaran yang disediakan tergantung dari PTC nya dan juga iklan yang kita klik. Bayaran untuk setiap klik berkisar dari 0,001$ - 0,01$. Untuk mendaftar ke perusahaan - perusahaan PTC biasanya gratis alias tanpa di punggut biaya. Beberapa PTC itu diantaranya Cliksence, neobux, buxpro, neoclix,Onbux dll.

2. PPC  (Paid Per Click )

Pada bisnis ini kita dibayar berdasarkan jumlah klik yang kita dapat pada iklan yang kita pasang pada web atau blog kita. Dalam bisnis PPC kita harus punya blog atau web terlebih dahulu. Untuk membuat blog atau web kita juga bisa membuatnya dengan gratis di beberapa penyedia blog gratis seperti blogspot atau wordpress. Untuk mendaftar di PPc itu juga gratis, setelah kita terdaftar di PPC maka kita akan mendapatkan script iklan yang harus kita pasang pada website atau blog kiat. Jika ada orang yang klik iklan kita yang kita pasang pada blog atau website kita maka kita akan mendapatkan bayarannya. Besarnya bayaran yang kita dapat juga tergantung dari masing masing PPC Untuk PPC lokal bayarannya berupa rupiah sedangkan untuk PPC asing bayarannya adalah dolar. Beberapa PPC lokal diantaranya adalah adsensecamp, kliksaya,kumpulblogger dll. Sedangkan untuk PPC asing seperti google adsense, chitika ,infolink dll.

3. PTR ( Paid To Review )

Dalam bisnis online PTR ini kita juga harus punya blog atau website. Di sini kita diminta untuk menulis review tentang produk, website, blog dan lain lain sesuai permintaan perusahaan PTR. Namun syaratnya untuk mendaftar jadi member PTR web atau blog kita harus mempunyai Page Rank yang tinggi. Page Rank adalah alat pembanding untuk mengukur arti dan pentingnya web atau blog di dunia internet. Semakin tinggi Page Rank suatu web atau blog berarti semakin baik web tersebut dan semakin sering web atau blog tersebut di index oleh google. Bayaran pada bisnis online PTR ini sangat tinggi. Semakin tinggi page rank web atau blog kita semakin tinggi pula bayaran yang kita dapat. Beberapa perusahaan PTR yaitu sponsoredreview, reviewme, blogvertise, buyblogreview dll.

4. Affiliansi/ Broker

Dalam bisnis Affiliansi kita dibayar untuk promosi produk dari perusahaan affiliansi tersebut. Untuk daftar affiliasi juga gratis. Setelah kita mendaftar member affiliasi biasanya kita akan mendapatkan link atau script iklan yang harus kita pasang pada blog atau web kita. Atau kita juga bisa mempromosikan link dari perusahaan tersebut ke sosmed. Kita akan mendapatkan bayaran jika ada orang yang membeli produk dari link yang kita bagikan. Besaran bayaran yang kita terima tergantung dari masing masing affiliansi. Besarnya bayaran yang kita dapatkan berkisar dari 10% - 30%. Beberapa contoh perusahaan Affiliansi adalah amazon, blibi, lazada, pegipegi dll.

5. Online Shop

Berjualan diinternet yang lebih dikenal dengan online sebenarnya lebih menjanjikan. Dikarenakan jangkauan yang lebih luas, pangsa pasar yang tak terbatas, modal yang relatif kecil, lebih fleksibel dari segi waktu dan tempat. Berjualan online tak perlu modal yang besar, dengan modal yang minim kita sudah bisa berjualan online. Kita bisa stok produk sendiri atau bisa dengan cara dropship. Selain itu kita bisa nitip berjualan di toko toko online besar seperti olx, tokopedia, shoopee, dll. Kita juga bisa mempromosikan produk yang kita jual via blog,web , facebook, twiter dan instagram.

Kiranya itu beberapa bisnis online yang bisa menjadi referensi untuk sobat semua. Bisnis online untuk pemula yang mudah dan menguntungkan untuk kita jalankan. Untuk mengisi waktu senggang dengan hal hal yang lebih produktif. Terima kasih semoga bermanfaat dan bisa memberi inspirasi untuk sobat semua. Kritik, sran dan pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar.

0 komentar:

Posting Komentar