Mengenal Fungsi Menu Pada Blogger

Ketika kita akan memulai blogging pada blog kita, maka sangatlah perlu bagi kita untuk mengetahui fungsi menu -menu yang ada pada blogger. Sehingga kita akan mudah saat memulai untuk ngeblog. Pada posting kali ini admin akan mengulas tentang fungsi - fungsi menu pada blog.

Ketika kita akan memulai ngeblog, langkah pertama tama yang kita lakukan setelah kita login ke blogger.com, kita klik dashboard dan klik blog kita dan klik judul dari blog kita maka akan muncul tampilan menu menu berikut ini.



Overview
Pada menu ini kita disajikan dengan tampilan yang berupa ringkasan dari semua aktivitas dari blog kita. Pada tampilan menu overview kita disuguhkan dengan grafik trafik kunjungan ke blog kita. Komentar - komentar yang masuk dan juga yang kita publishkan. Untuk detailnya silahkan sobat bisa survive sendiri ya?biar bisa langsung bisa praktek dan mengetahuinya. Intinya pada menu overview ini adalah tampilan secara singkat dari menu menu yang ada.

Post
Menu post ini menyajikan post atau artikel artikel yang sudah kita posting dan kita publikasikan. Juga akan dimuat juga dimenu ini post yang masih berupa draft. Pada menu post kita juga bisa mengedit, menghapus dan juga melihat post post kita baik yang sudah dipublikasikan maupun yang masih berupa draft.



Pages
Menu pages ini bisa kita gunakan ketika kita akan membuat halaman pada blog kita. Untuk membuat halaman pada blog kita klik pages lalu new page. Kita juga bisa melakukan editing atau menghapus page kita. Cara membuat pages juga sama seperti kita akan posting blog.



Comments
Menu ini berisi tentang semua komentar yang masuk pada blog kita. Baikkomentar dari pembaca maupun komentar balasan dari kita sebagai admin.



Google +
Ketika kita mempunyai akun di google secara otomatis kita juga sudah terdaftar di google +. Di menu ini berisi detail akun kita di google +, kita bisa melihat lingkaran kita di google + juga bisa menambahkan foto profil google + kita.



Stats
Menu stats menampilkan semua statistik kunjungan pada blog kita. Kita bisa tahu dari mana saja  orang yang bekunjung ke blog kita. Ketika klik audience kita akan tahu orang dari negara mana saja yang mengunjungi blog kita. Dengan klik trafiic source kita juga bisa tahu, kata kunci atau keyword apa yangengarahkan pengunjung ke blog kita. Dari menu stats ini kita juga bisa tahu berapa kunjungan tiap hari, hari kematin dan juga bulan lalu serta total kunjungan ke blog kita.



Earnings
Nah di menu inilah kita bisa medaftarkan blog kita ke adsense. Apa sich adsense? Mungkin bagi sebagian orang yang hobbi ngeblog istilah itu sudah sangat familiar. Tapi bagi para pemula mungkin blum tahu ya? Jadi adsense adalah program periklanan dari google. Ketika blog kita sudah terdaftar di adsense maka blog kita akan dipasangi iklan. Setiap ada kunjungan ke blog kita dan ada klik pada iklan yang dipasang pada blog maka kita akan mendapatkan uang dari adsense. Enak banget ya?? Tapi tidak mudah untuk bisa daftar ke adsense. Perlu syarat2 tertentu. Lain kali bisa kita ulas bersama tentang program monetisasi dari google ini.




Layout
Pada menu layout kita bisa melakukan pengaturan tampilan tampilan pada blog, kita bisa menambahkan gagdet gadget  pada blog kita. Pada menu ini kita bisa juga menambahkan script, teks dan juga gambar.



Campaigns
Disini kita bisa juga mengiklankan blog kita untuk meningkatkan traffic kunjungan ke blog kita ya? Misalnya saja blog kita adalah toko online, maka sangat penting untuk membuat traffic yang bagus pada blog kita. Jadi di menu campaigns ini kita bisa mengiklankan blog kita.



Template
Menu template adalah pilihan tampilan blog, banyak sekali pilihan template yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita.



Setting
Pada menu setting kita bisa melakukan pengaturan pada blog kita ya? Baik itu bahasa, judul blog, deskripsi blog, bahkan nama atau alamat blog bisa kita rubah lewat menu setting ini.



Sepertinya cukup sampai disini dulu ya? Bahasan tentang fungsi menu menu pada blog. Anda bisa survive sendiri untuk mempelajari  lebih detailnya. Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang perlu kita bahas lebih lanjut. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan. Mohon masukannya agar lebih baik lagi. Terima kasih dan semiga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar